Lembaga Pers Mahasiswa Fakuktas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakrta - Bukan Sekedar Wacana


MENELISIK MEKANISME PEMILWA SAINTEK 2020

 Oleh : Mita Indah Sari

Seluruh mahasiswa SAINTEK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta akan melakukan Pemilihan Mahasiswa (PEMILWA) tahun 2020 secara daring. Pemilihan Mahasiswa (PEMILWA) yang awalnya dilaksanakan pada hari Jum'at-Minggu, 18-20 Desember 2020 akan diundur pada hari Sabtu-Senin, 19-21 Desember 2020. PEMILWA SAINTEK akan dilaksanakan pada hari minggu, 20 Desember 2020 bersama dengan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya (FAIB) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Terdapat beberapa perbedaan dalam PEMILWA SAINTEK tahun ini dibanding tahun yang lalu.

Syarat memilih tahun ini tidak perlu menggunakan  Kartu Rencana Studi (KRS) atau Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) serta tidak perlu  melakukan serangkaian tata cara mulai dari pengumpulan KRS atau KTM, hingga melakukan pemilihan dibilik yang masing-masing terdapat komputer pemilihan hingga berakhir diberi tanda berupa tinta. Setiap prodi diberi waktu dan jamnya masing-masing sehingga tidak akan bertubrukan dalam pemilihan. Akan tetapi, sistem PEMILWA Saintek tahun ini diganti dengan menggunakan sistem e-voting yang dilakukan di tempat tinggal masing-masing. Jadwal PEMILWA SAINTEK akan dilaksanakan pada hari minggu, 20 Desember 2020 pukul 07.00-17.00 dan tidak ada pembagian waktu untuk setiap prodi.

Tujuan dilakukan Pemilihan Wakil Mahasiswa (PEMILWA) secara online ini untuk mengantisipasi timbulnya cluster baru virus Covid-19, mengingat kita harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah dan tetap menyelenggarakan proses demokrasi secara optimal. Mekanisme PEMILWA sendiri menggunakan sistem e-voting. Teknis aplikasi e-voting dilakukan oleh pihak PTIPD.  Tata caranya pemilihan menggunakan e-voting, yaitu mengakses melalui https://voting.uin-suka.ac.id dan login menggunakan NIM dan Password. Selanjutnya dapat melakukan pemilihan calon HMPS, Dema-F, Dema-U, dan Senat. Klik pada foto calon atau gambar partai lalu klik centang jika sudah yakin dengan pilihan Anda kemudian klik (SIMPAN DAN TETAPKAN PILIHAN). Setelah ini otomatis Anda akan logout.

Mahasiswa SAINTEK dapat mengakses segala informasi terkait proses PEMILWA melalui akun resmi media sosial SAINTEK baik melalui instagram: https://instagram.com/kpumf_saintek , youtube: KPUM-F SAINTEK UIN SUKA 2020, email: kpumfstuinsuka@gmail.com. Bila terjadi tindakan kecurangan atau keluhan terkait pelaksanaan PEMILWA bisa mengadukan ke laman tinyurl.com/pengaduanpmilafst .

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar