Lembaga Pers Mahasiswa Fakuktas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakrta - Bukan Sekedar Wacana


Arti Penting Pertemanan dalam Kesehatan Mental

Oleh : Imelda

 Dalam kehidupan, kita berusaha mencari teman yang banyak untuk menambah relasi dan lingkar pertemanan kita. Secara alamiah pun manusia termasuk makhluk sosial yang membutuhkan teman satu sama lain. Tetapi justru semakin dewasa, circle pertemanan kita akan menyempit dan secara tidak langsung dapat mempengaruhi kesehatan mental. 

 Kesehatan mental itu sendiri adalah kondisi bahagia, sejahtera, dan terhindar dari segala macam tekanan psikologis. Kesehatan mental akan mempengaruhi bagaimana cara seseorang berpikir, merasakan, dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya kesehatan mental bukan hanya soal mental individu, tapi juga berhubungan dengan pertemanan. Alasan kenapa kita harus menjaga kesehatan mental dalam pertemanan adalah karena hubungan pertemanan akan mempengaruhi pola berpikir dan cara kita berinteraksi dalam lingkungan sosial, sehingga diperlukan lingkungan pertemanan yang baik agar kesehatan mental kita juga mengarah pada hal baik. 

 Dalam hubungan pertemanan, teman juga dapat membantu seseorang dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan yang bisa berdampak pada kesehatan mental. Hal ini didukung sebuah studi pada Journal Child Development menyatakan bahwa remaja yang memiliki persahabatan akrab cenderung lebih jarang terserang stres

 Cara yang bisa dilakukan untuk membangun kesehatan mental dalam hubungan pertemanan adalah dengan menciptakan lingkungan pertemanan yang positif, saling bercerita, saling mendukung satu sama lain dan banyak melakukan hal hal positif yang bisa mendatangkan manfaat bagi sesama. 

 Hampir semua orang dewasa berpendapat bahwa pertemanan yang berkualitas yaitu pertemanan yang saling menghargai, percaya, dan mendukung satu sama lain. Karena itulah lebih mudah untuk berbagi hal yang sedang dirasakan kepada teman dekat, yang mungkin sulit untuk mereka bagikan kepada orang lain pada umumnya.

Posting Komentar

0 Komentar